Blog

Home>Blog

Service Forklift Karawang

 

Forklift menjadi salah satu peralatan material handling yang kerap digunakan dalam dunia industri, mulai dari supermaket, perusahaan ekspedisi, hingga pabrik. Karawang menjadi salah satu kota industri terbesar di jawa barat, sehingga permintaan service forklift karawang pun meningkat. Peralatan material handling berupa kendaraan ini berfungsi memindahkan barang dengan kapasitas besar baik untuk dioperasikan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Perawatan dan servis forklift sangat penting untuk menjaga alat berat bekerja dengan benar. Mesin yang dirawat dengan baik akan memberikan layanan yang handal dan aman selama bertahun-tahun. forklift yang perawatan nya tidak di perhatikan  akan lebih sering bermasalah kemudian menggangu operational , Pengecekan seacara berkala  adalah suatu keharusan. Berikut adalah 6 langkah paling penting yang harus Anda ambil untuk memastikan mesin Anda berjalan dengan baik.

  1. Periksa mesin setiap hari sebagai bagian dari rencana pemeliharaan forklift yang komprehensif. Pemeriksaan ini akan memastikan bahwa forklift aman digunakan sebelum setiap shift dan menghemat waktu dan budget dari pada menunggu untuk memperbaiki masalah sampai mengganggu operasi mesin. Cara terbaik untuk menerapkan pemeriksaan ini adalah dengan menggunakan daftar periksa standar untuk memastikan bahwa semua bidang yang menjadi perhatian ditangani sebelum forklift digunakan. Beberapa elemen yang direkomendasikan dari daftar periksa ini adalah sebagai berikut:  
  • Selang   
  • Tekanan dan kondisi ban  
  • Fungsi sabuk pengaman   
  • Tingkat cairan   
  • Garpu dan pelindung kepala   
  • Performa rem
  1. Ikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan pabrik.

Perawatan forklift harus mematuhi jadwal yang disediakan oleh pabrikan. Sebagai contoh, sebagian besar pabrikan merekomendasikan inspeksi atau layanan mendalam untuk dilakukan setelah periode waktu tertentu (yaitu penggantian oli setiap 3 bulan) atau jumlah penggunaan tertentu (mis. Setelah penggunaan 250 jam, penggunaan 500 jam, dan 1.000 jam penggunaan). Memastikan bahwa tugas-tugas seperti penggantian oli, perubahan kondisi cairan dan filter ban, penggantian busi, perbaikan rem dan drive train dan lainnya diselesaikan tepat waktu akan membantu menghindari masalah tak terduga yang lebih besar yang dapat menghabiskan waktu, budget, dan keselamatan.

  1. Periksa ban forklift Anda secara teratur

Ban dapat cepat aus pada forklift terutama jika secara teratur melintasi jalur yang sama di sekitar gudang. Gerakan berulang itu dapat menyebabkan ban aus lebih cepat di satu sisi dari pada di sisi lain. Ban juga bisa mengempis bocor tergantung ban nya karena ada beberapa jenis jenis ban forklift. Karena ban sangat penting untuk pengoperasian forklift, pengecekan  ban secara berkala harus di perhatikan. Pemeriksaan ini harus mencakup pemeriksaan tekanan (untuk ban pneumatik )

  1. Perawatan baterai

Baterai menjadi salah satu dari dua komponen paling mahal pada forklift electric. Harga baterai forklift kurang lebih seperempat hingga seperlima dari harga forklift elektric sendiri. Karena itu, perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh perawatannya.

Menjaga kualitas baterai forklift bisa dilakukan dengan menjalankan prosedur pengisian baterai dengan benar. Jangan tunggu sampai daya baterai habis total, sebaiknya lakukan pengisian baterai selagi kapasitas daya baterai masih 20%. Selama pengisian baterai, pastikan tutup accu dalam keadaan terbuka. Tujuannya tak lain supaya temperatur tidak panas. Pengisian baterai ini harus dilakukan hingga baterai benar-benar penuh terisi.

Hindari menghentian proses pengisian sebelum baterai penuh terisi, sebab hal ini akan mempengaruhi usia baterai. Jika proses pengisian baterai sudah selesai dilakukan, biarkan selama 10 menit hingga 15 menit. Barulah setelah itu forklift bisa digunakan kembali. Perlu diketahui, bahwa usia baterai forklift electric adalah 1.500 kali pengisian atau 5 tahun dengan asumsi pengisian baterai satu kali sehari.

Lakukan pula pemeriksaan secara berkala berkaitan dengan sumber tegangan listrik pada charger. Pastikan sumber tegangan listrik menuju charger sebesar 380 Volt hingga 400 Volt sesuai dengan tapping charger dan output charger saat proses pengisian sebesar 50 Volt sampai 52 Volt dengan arus sebesar 10A sampai 100A.

Kebersihan baterai juga perlu diperhatikan. Lakukan pemeriksaan kebersihan setidaknya 1 minggu sekali. Pastikan permukaan dan kabel beterai berada dalam kondisi kering dan tidak ada benda-benda asing di sekitar baterai yang bisa mengundang tikus dan akhirnya akan merusak kabel baterai.

  1. Perawatan controller

Selain baterai, satu lagi komponen mahal pada forklift elektric adalah controller. Perawatan controller terbilang lebih mudah dibandingkan dengan perawatan baterai. Cukup hindarkan controller dari air agar komponen ini tahan lama dan tetap mampu menjalankan fungsinya.

  1. Penyimpanan dan Area Kerja

Jika tidak sedang digunakan, pastikan lokasi parkir forklift terbebas dari hujan dan sinar matahari. Demikian pula saat dioperasikan, sebaiknya forklift electric tidak digunakan di luar ruangan terus menerus terlebih pada kondisi yang kurang baik. Sebab baterai dan komponen listrik pada peralatan ini tidak boleh terpapar unsur yang berbahaya dalam waktu yang lama. Karena itu, forklift electric lebih cocok digunakan pada area kerja yang bebas asap atau polusi. Misalnya saja pabrik makanan, obat-obatan, garment dan industri sejenis lainnya.

Berikut layanan service forklift di PT. Prime Forklift Services :

  • Service rutin
  • Service berkala
  • Pergantian sparepart forklift
  • Perbaikan forklift
  • Pengecetan forklift
  • Overhaul forklift

Jadi tunggu apa lagi, percayakan kebutuhan forklift perusahaan anda kepada kami. Untuk service forklift, hubungi kami sekarang juga di nomor telepon 0267-8402034 atau (WA) +6282210812989 dengan Pak Surya atau Ibu Meni . Atau Anda bisa mengunjungi kantor PT.Prime Forklift Services di Ruko Plaza Kosambi, No. 18F, Karawang Jawa Barat.

Hubungi kami

Support Chat Live


Customer Service